Wisuda ATMI Cikarang Angkatan XIII

  • 2018-11-22 14:49:43

Hari Sabtu, 22 September 2018, kita layak bersyukur bahwa ATMI Cikarang menambahkan lagi pada dunia industri 99 Ahli Madya bidang teknik, terdiri dari 64 Ahli Madya Teknik Mesin konsentrasi Mesin Industri.

Dunia kerja bidang industri saat ini sedang dan sudah berjalan dalam era zaman industri teknologi 4.0. Otomatisasi mewarnai proses jalannya industri ini sehingga akan sangat mengurangi kerja manusia. Secara fisik ditandai dengan kondisi lebih efisien, efektif, serba cepat, konsisten, dan presisi/ketepatan. Ditandai juga dengan alat teknologi/mesin yang bekerja tanpa rasa, tanpa emosi, dan tiada lelah. Kehidupan industri berbasis teknologi 4.0. lambat laun cenderung cepat akan merubah cara hidup dan budaya kehidupan manusia. Penyelenggarakan pendidikan di ATMI senantiasa menginspirasi kapada peserta didik untuk berani memeluk tehnologi 4.0 atau dunia digital ini dengan ekses yang menyertainya sebagai bagian dari revolusi industri 4.0.

Memasuki Industri teknologi 4.0, geliat ATMI Cikarang adalah merubah bentuk perguruan tinggi dari Akademi menjadi Politeknik ATMI Cikarang, dengan program studi baru Diploma Empat Teknologi Rekayasa Mekatronika dan Diploma Tiga Manajemen Industri yang akan menambahkan pada Program Studi Diploma Tiga Mesin Industri yang sudah ada.  Pantas disyukuri bersama bahwa di Lustrum ke-3 ATMI Cikarang ini, mendapat hadiah dengan diterbitkannya rekomendasi dari LLDikti Wilayah IV No 0711/L4/KL/2018, tanggal 31 Agustus 2018 tentang Rekomendasi Usulan Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi dan sekarang sedang dalam proses pemeriksaan dan penyelarasan dokumen di Kemenristekdikti. Bila semua berjalan benar, ditahun ajaran baru 2019/2020 institusi menjadi Politeknik ATMI Cikarang dan siap menerima calon generasi-generasi industri 4.0. Terimakasih kepada LLDikti Wilayah IV yang telah menilai kami layak dan siap menjadi politeknik penyelenggara pendidikan vokasi.

Be a Creator, kita semua dicipta oleh Sang Kreator dengan diberi daya cipta/kreasi yang membuat kita mampu selamat dan hidup dalam dunia dengan segala keadaannya. Mari kita ingat bersama bagaimana hidup kita selama ini, terlebih secara khusus para wisudawan, bagaimana kita dari tidak bisa menjadi bisa, dari sekedar angan akhirnya kita mampu mewujudkannya, dari sharing kata-kata akhirnya kita dapat membuat tugas akhir yang nyata dan masih banyak hal lain yang dapat kita temukan. Bagaimana kalian menjadikan hasil kerja dan karya menjadi sempurna, jatuh bangun pro-kontra dalam memperjuangkannya, Pengalaman yang tak akan lenyap dan tercuri oleh apa dan siapapun. Itulah milik kalian dan itulah semangat kalian, itulah kunci hidup kalian. Dan kalian telah melatih dan mengujinya sendiri….be a Creator. Peluang dan tantangan selanjutnya adalah akankah dengan ke Ahli Madya-an yang telah kalian miliki, masuk kepada sekedar pemakai teknologi User/Consumer Technologies level, atau meniru mengadopsi teknologi sebagai karya harga terjangkau masyarakat Adopted Technologies level, atau pencipta menemukan teknologi baru sebagai karya anak bangsa Created Technologies level. Negara Indonesia level besar adalah user/consumer technologies, beberapa saja yang adopted dan masih sedikit sekali yang created technologies. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu sebagai Created Technologies.
Para wisudawan yang berbahagia, selamat memasuki dunia industri 4.0 mewujudkan cita-cita kalian dengan semangat be a Creator…membuat dan menjadikan baik adanya.

P. A. Hendro Subekti, SJ
Direktur ATMI Cikarang