Seminar Hasil PPLPK 2018

  • 2018-11-22 15:19:46

Cikarang, ATMI - Pada tanggal 13 - 14 November 2018 bertempat di Bali, Kementerian Ristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan  seminar dalam memonitoring program yang dilaksanakan oleh perguraan tinggi penerima bantuan Pusat Karir dan bantuan Pusat Karir Lanjutan (PKPKL).

Pembukaan seminar diawali oleh Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin, serta dihadiri oleh Kasubdit Penyelarasan Kebutuhan Dunia Kerja Tiomega Gultom, Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Misbah Fikriyanto, ketua dewan eksekutif BAN-PT Basaruddin, kepala L2-Dikti seluruh Indonesia, kepala dan pengelola pusat karir, koordinator wilayah tim pusat karir Kementerian ristekdikti dari wilayah 1 sampai 10 dan beberapa mahasiswa (magang) yang juga terlibat dalam kegiatan pusat karir.

Kegiatan ini diikuti oleh L2-Dikti wilayah 1 hingga 10 dari jumlah 247 perguruan tinggi penerima bantuan PK (Pusat Karir) dan penerima bantuan PKL (Pusat Karir Lanjutan) dipilihlah 46 perguruan tinggi terbaik untuk mempresentasikan hasilnya. 46 perguruan tinggi tersebut terdiri dari 23 penerima bantuan pusat karir dan 23 perguruan tinggi penerima bantuan PKL. Kampus ATMI Cikarang juga merupakan salah satu penerima dana hibah bantuan Pusat Karir tahun anggaran 2018 dari Kemenristekdikti untuk Kopertis/L2-Dikti wilayah 4 (Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta) .

Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin, menyampaikan harapannya kedepan mengenai pusat karir agar lebih banyak terus meningkatkan perannya dalam upaya membekali mahasiswa selama proses perkuliahan. Jadi, pusat karir tidak hanya berperan setelah para mahasiswa diwisuda namun mulai berperan dari masa awal mahasiswa kuliah sampai masa perkuliahan berakhir.

Perlu kita ketahui saat ini, pengangguran dari lulusan perguruan tinggi bisa dikatakan tidak sedikit, hal ini tentu akan berpengaruh kepada stigma masyarakat akan masa depan para sarjana. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi kemampuan (akademik & non akademik) yang dimiliki oleh para calon lulusan perguruan tinggi (mahasiswa) agar memiliki relevansi dengan kebutuhan dunia kerja, (Didin Wahidin). Melalui kegiatan ini harapannya lulusan kampus ATMI Cikarang dapat diserap oleh dunia kerja yang ada serta mau lebih terbuka terhadap perkembangan dunia industri saat ini.

By. Reno